Museum Wayang : Lintas Sejarah Museum Wayang

0 26

Tiba di Museum Wayang Sendang Mas Banyumas. Sesampainya di dalam kami ditemani penjaga Museum Pak Indra. Dari penjelasanya, kami baru tahu nama Museum ada dua versi nama Sendang Mas. Versi pertama merupakan kependekan dari Seni Pedalangan Banyumas untuk memberi nama gagrag Banyumasan yang berbeda dengan gagrag Ngayogyakarta maupun Surakarta. Versi kedua menyebutkan nama Museum Sendang Masberasal dari nama sumur kecil di belakang pendopo Si Panji yang sampai sekarang masih mengeluarkan air.

Diameter sumur 0,5 meter dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Museum ini berdiri 31 Desember 1983 atas prakarsa bapak Soepardjo Rustam, bersama Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia) dan tokoh-tokoh Banyumas lainnya. Museum ini, berada di kompleks Pendopo Duplikat Si Panji, Banyumas, di jalan Kawedanan no. 1 atau Jl. Gatot Soebroto No. 1. Dulu merupakan bekas pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas sebelum dipindah ke Purwokerto.

Pada masa pemerintahan bupati ke-14 RT Martadireja II (1832 – 1882), yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Purwokerto. Museum wayang Sendang Mas menempati bangunan yang bercirikan limasan berada diatas tanah seluas 0,20 Ha dengan luas bangunan seluas 252 m2.

Source kompasiana.com kompasiana.com/satejamur/550e2f2f813311b72dbc60a7/menikmati-lintasan-sejarah-di-museum-wayang-sendang-mas-banyumas
Comments
Loading...