Museum Wayang : Malas Nonton Wayang? Kunjung

0 57

Mengapa Kurang Suka Wayang?

Nonton wayang semalam suntuk mau? saya yakin tak banyak orang terutama anak muda sekarang ini yang suka dengan wayang. Jujur saja, saya sendiri yang sudah 50 tahunan ini juga kurang begitu mengenal kesenian wayang. Kenapa ya? apa mungkin karena para orang tua kami dulu juga kurang begitu getol mengenalkan wayang kepada putra-putrinya. Atau karena pergelaran (lakon) wayang itu sendiri memang kurang menarik.

Asal tahu saja, ada banyak jenis kesenian wayang yang tumbuh dan berkembang di tanah air tercinta ini. Beberapa diantaranya yang kita kenal ialah wayang kulit, wayang orang, wayang beber, wayang golek, wayang purwa, wayang potehi dan masih banyak lagi. Tiap-tiap daerah di Indonesia kabarnya memiliki jenis kesenian wayang yang berbeda-beda. Untuk wayang kulit, sampai di usia saya yang hampir setengah abad ini paling cuma nonton langsung beberapa kali saja.

Jelas tokoh-tokoh dalam dunia pewayangan saya tidak hafal gegara kurang suka dan jarang nonton itu. Wayang orang masih pernah nonton tapi di TV itupun sudah lama sekali, saat kami masih kecil ketika TVRI Jawa Timur masih rajin menayangkan acara-acara bernuansa Budaya Indonesia seperti halnya ludrukketoprakuyon-uyonkentrung dan lainnya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/mawan.sidarta/5879b8ee44afbd1705c488b5/malas-nonton-wayang-kunjungi-saja-museum-wayang
Comments
Loading...