Museum Wayang : Museum Wayang, Kita Tak Saing

0 61

Ada mall apa saja di Jakarta? Seharian pun barangkali tak habis kita sebut satu persatu. Namun saat ada yang bertanya, di mana Museum Wayang berada? Sebagian dari kita mungkin justru bertanya,

Ha? Ada museum wayang?

Di tengah gegap gempita kehidupan megapolitan yang modern, tak banyak dari kita yang peduli ada apa di sudut DKI. Sementara kita disibukkan rutinitas di tengah kota, terdapat sebuah bangunan zaman Belanda yang keukeuh berdiri dengan segala kekunoannya. Bangunan bekas gereja di kawasan Kota Tua ini menyimpan ribuan kisah budaya Nusantara. Adalah Museum Wayang yang sejak 1974 bertahan dengan segala keterbatasannya, menjaga peninggalan budaya bangsa dalam wujud wayang, patung, topeng, dan koleksi seni rupa lainnya.

Bukan sekadar menjaga, museum ini juga berupaya melestarikan warisan leluhur, tanpa khawatir dilibas reputasi mall yang kian menjamur. Namun siapa sangka, di balik debu yang menyelimuti benda-benda tua itu, justru tersimpan beragam cerita yang bermakna tentang bagaimana sebuah museum mempertahankan eksistensinya di era modern seperti ini.

Source kompasiana.com kompasiana.com/velandapita/551b7aa68133116d319de1a7/museum-wayang-kita-tidak-bersaing-dengan-mall
Comments
Loading...