Museum Wayang : Museum Wayang Sendang Banyumas

0 48

Museum Wayang Banyumas, yang dikenal juga dengan nama Museum Wayang Sendang Mas. Sebuah pohon rimbun yang berada beberapa langkah di depan pagar museum cukup memberi keteduhan ketika kami melewati jalan di sampingnya. Museum Wayang Banyumas ini terletak di Jalan Gatot Subroto No.1, Banyumas Jawa Tengah. Museum Wayang Banyumas memiliki luas bangunan 250 m2, di atas tanah 2000 m2 di kompleks pusat pemerintahan lama Kabupaten Banyumas.

Gedung museum sebelumnya merupakan paseban bagi tamu bupati. Diresmikan menjadi Museum Wayang Banyumas pada 31 Desember 1982. Di Museum Wayang Banyumas disimpan gamelan lengkap dengan kelir dan jejeran gunungan, Semar, Petruk dam Bawor. Pagelaran wayang dilihat dari belakang kelir, oleh karenanya disebut wayang, bayangan. Wayang juga pion yang dimainkan sekehendak dalang, meskipun kebanyakan lakon mengikuti pakem, cerita baku. Juga Alat musik tradisional Banyumas yang disebut Calung. Perangkat Calung mirip gamelan namun terbuat dari bambu wulung. Calung berasal dari kata

carang pring wulung
(pucuk bambu wulung)

Ada juga yang mengartikan “dicacah melung-melung” (dipukul suaranya nyaring). Calung terdiri atas gambang barung, gambang penerus, dhendhem, kenong, gong dan kendhang.

Source Situs situsbudaya.id/762-2
Comments
Loading...