Museum Wayang : Museum Wayang Sendang Mas, Jawa

0 46

Mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Museum Wayang Sendang Mas Banyumas dengan tujuan untuk mereview kemudian memperkenalkanya untuk Anda semua pembaca setia. Sebelum membahas lebih lanjut tentang Museum Wayang Sendang Mas, mari kita perdalam dulu pengetahuan tentang kesenian wayang. Wayang, siapa si yang tidak tahu wayang? Merupakan warisan budaya turun temurun dari leluhur, bahkan kesenian wayang sudah diakui dunia sebagai karya agung bangsa Indonesia oleh UNESCO. Dengan ini Indonesia sudah membukukan tiga budaya tak benda yang telah diakui oleh UNESCO yaitu Keris, Batik dan Wayang. Wayang Berasal dari bahasa Jawa

Wewayangan Iba

yang bayang yang dimainkan oleh Dalang (asisten dalang : Ngeris). Diiringi alat musik gamelan (pengguna gamelan : Panayan, pembuat gamelan : Gending).  Didukung penyanyi Sinden (Wanita) dan Wirasuwara (laki-laki). Wayang dibuat dengan sangat banyak variasi dan ukuran, bentuk dan gaya. Namun secara umum ada dua kelompok wayang, yaitu wayang golek (dalam bentuk boneka kayu dan varian-varianya) dan wayang kulit yang berbentuk datar dengan bayangan yang diproyeksikanke depan layar.

Variasi wayang juga beraneka ragam, baik bahan maupun modelnya. Adapun beberapa jenis-jenis wayang seperti wayang gaya Banyumas, gaya Surakarta, gaya Yogyakarta, wayang jenis Suluh, wayang Golek, wayang Kancil, dan lain-lainya. Pertunjukan wayang dilakukan oleh dalang dengan iringan musik yang bermelodi kompleks berupa gamelan.

Source banyumasku.com banyumasku.com/museum-wayang-sendang-mas-banyumas
Comments
Loading...