Museum Wayang : Nusantara di Museum Wayang

0 85

Menyempatkan diri untuk mengunjungi Museum Wayang. Sebuah museum yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat dan bersebelahan dengan Museum Fatahillah. Saat itu, pengunjung sangat ramai, didominasi oleh kawanan pelajar. Baik itu siswa berseragam  SD, SMP maupun SMA. Ada juga beberapa turis yang mengunjungi museum ini, mereka tampak antusias melihat beraneka ragam koleksi Museum Wayang, mulai dari Wayang Kulit, Wayang Golek, Topeng, Lukisan bertema Wayang, Boneka, Gamelan, dan beberapa koleksi tentang Wayang lainnya.

Sangat berniat untuk mengunjungi museum ini. Meskipun sudah tiga kali, namun tidak bosan-bosannya untuk kembali mendatangi museum ini. Mungkin karena saya sangat menggemari Wayang, mulai dari penokohan zaman Ramayana hingga Bharata Yudha berakhir. Lagipula, wayang adalah salah satu budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Buktinya, UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Sebenarnya, pertunjukkan boneka tak hanya ada di Indonesia, banyak negara memiliki pertunjukkan boneka, namun pertunjukkan bayangan boneka (wayang) di Indonesia memiliki gaya tutur dan keunikkan tersendiri, yang merupakan mahakarya asli dari Indonesia. Dan untuk itulah UNESCO memasukkannya dalam Daftar Warisan Dunia.

Source Kompas kompasiana.com/roelly87/550da7fea33311251c2e3dc3/menelusuri-warisan-budaya-nusantara-di-museum-wayang?page=all
Comments
Loading...