Museum Wayang : Seni Indonesia Museum Wayang

0 39

Indonesia merupakan bangsa yang kaya raya. Bukan hanya hasil bumi saja, tetapi juga kaya akan seni dan budaya. Berbagai macam suku yang ada di Indonesia telah menciptakan keaneka ragaman budaya yang  tetap tumbuh dan berkembang seiring perkembangan jaman. Salah satunya berupa wayang. Wayang yang merupakan sebuah pertunjukan teater boneka atau melibatkan penari manusia adalah satu seni dan budaya Indonesia yang oleh PBB  diakui sebagai karya Masterpiece warisan dunia.

Wayang  tumbuh dan berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Untuk bisa mengenal keaneka ragaman wayang, datanglah ke Museum Wayang di Kota Tua Jakarta. Dengan tiket masuk yang cukup murah (Rp. 2.000,- per orang), kita bisa melihat dari dekat berbagai macam jenis wayang. Museum yang selalu ramai pengunjung setiap hari libur ini memiliki ribuan koleksi wayang, mulai dari jenis wayang kulit, wayang golek, wayang klithik, dan wayang mainan.

Di museum inilah kita akan tahu betapa kayanya budaya kita. Untuk jenis wayang kulit saja, ternyata sangat beragam mulai dari wayang kulit Bali, Sasak, Banjar, Betawi, Cirebon, Sumatra dan masih banyak lagi. Baru tahu ternyata wayang kulit bukan hana ada di Jawa Tengah saja. Pun demikian dengan wayang golek. Ternyata ada wayang golek  Bandung, Bogor, Cirebon, Gundala-gundala, sigale-gale dan lain-lain. Wayang klitik juga, dari Kediri, Sasak.

Source kompasiana.com kompasiana.com/gneoga/551a1274a33311b91eb65955/mengenal-budaya-indonesia-di-museum-wayang
Comments
Loading...