Nama Tokoh Wayang : Ajibarang, Tunggal Arimbaji

0 296

Ajibarang adalah putra tunggal Prabu Arimbaji raja negara Gowasiluman di hutan Tunggarana, dengan Dewi Kalaladruseorang gandarwa. Ia berwajah sangat menyeramkan. Konon ia lahir betepatan dengan matinya Ditya Kalasrenggi dari negara Gowabarong yang terkena panah Hrudadali yang dilepas Arjuna pada awal berlangsungnya perang Bharatayuda. Arwah raksasa Kalasrenggi menitis dalam dirinya. Cerita kematian Kalasrenggi itu sendiri menjadi suatu penggalan cerita yang menarik.

Syahdan Kalasrenggi yang terbakar api dendam ingin membalas kematian ayahnya yang dibunuh Arjuna. Berangkatlah ia ke Amarta untuk mencari Arjuna. Dia hanya berbekal api dendam, kesaktian dan sepenggal ciri-ciri Arjuna yang didapat dari para tetua di negaranya. Di tengah jalan ia bertemu dengan Irawan yang tampan dan ciri-cirinya mirip sekali dengan Arjuna. Memang Irawan ini adalah salah satu anak Arjuna. Tanpa ditanya lebih jauh disergapnya Bambang Irawan.

Digigitlah lehernya. Kalasrenggi yakin kalau yang digigit itu adalah Arjuna. Irawan yang dibokong tidak sempat bereaksi atau menghindar, namun sebelum tewas Irawan berhasil menancapkan senjatanya ke dada Kalasrenggi. Keduanya mati sampyuh ‘gugur bersama’. Ajibarang sangat tekun bertapa. Ia menjadi sangat sakti. Berwatak angkara murka, bengis, kejam dan licik. Ajibarang menjadi raja negara Gowasiluman menggantikan ayahnya, Prabu Arimbaji yang tewas dalam pertempuran melawan Prabu Bomanarakasura raja negara Surateleng (Prajutisna). Ajibarang raja bergelar Wasiaji.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=765
Comments
Loading...