Nama Tokoh Wayang : Anoman, Tokoh Wayang Kuat

0 221

Anoman terkenal karena perannya membantu Rama menyelamatkan Dewi Sinta yang diculik oleh Raja Alengka, Rahwana. Anoman merupakan tokoh wayang yang memiliki kemampuan setara dengan dewa, tidak hanya dalam hal kekuatan, Anoman juga dianugerahi kehidupan yang kekal oleh Batara Indra dan dapat menentukan kapan kapan ajal menjemputnya. Ia adalah anak dari perkawinan Sang Hyang Manikmaya (Batara Guru) dan Dewi Anjani, kemudian diasuh oleh Batara Bayu.

Meskipun memiliki rupa seperti kera putih, Anoman memiliki sifat seperti manusia dan mampu beradat istiadat. Dalam pewayangan Jawa, Anoman memiliki watak pemberani, setia, dan waspada. Namun tetap rendah hati, tabah, dan berbudi bahasa. Sebagai anak angkat Batara Bayu, Anoman juga mewarisi kekuatan yang dimiliki setiap keturunan dan anak angkat sang dewa penurun pada ksatria. Ia memiliki kemampuan dapat bergerak dan berpindah tempat dengan cepat seperti tokoh Marvel, Flash.

Kekuatan ini disebut Sepiangin. Selain itu Anoman juga memiliki kemampuan menghancurkan apapun dengan kekuatan Aji Mundri. Dalam Epos Ramayana, kekuatan Anoman digambarkan dalam beberapa cerita. Dalam lakon Anoman Obong, Anoman memiliki kemampuan tidak mempan terhadap api ketika dibakar hidup-hidup oleh Indrajit, putra Rahwana. Ketika pergi ke kerajaan Alengka di angkasa, Anoman mendaki Gunung Mahendra dan mengubah dirinya menjadi sosok raksasa, serta terbang laksana meteor ke angkasa.

Source kumparan.com kumparan.com/bagas-putra-riyadhana/5-tokoh-wayang-berkekuatan-superhero
Comments
Loading...