Nama Tokoh Wayang : Arimbaji, Putra Tunggal Arimba

0 621

Arimbaji adalah putra tunggal Prabu Arimba (Hidimba) raja raksasa negara Pringgondani dengan Dewi RumbiniKetika usianya menginjak remaja, Arimbaji meninggalkan negara Pringgondani pergi bertapa dan mengembara. Sejak itu ia tak pernah kembali lagi ke negara Pringgondani. Ketika terjadi pergantian tampuk pemerintahan negara Pringgondani dengan pengangkatan Dewi Arimbi sebagai raja menggantikan Prabu Arimba yang tewas dalam peperangan melawan Bima (Werkudara), Arimbaji telah menjadi raja di negara Gowasiluman di hutan Tunggarana.

Karena itu ia merelakan tahta dan negara Pringgondani dikuasai oleh Dewi Arimbi. Apalagi dia juga sudah maklum bahwa ayahnya Prabu Arimba sebelum meninggal pernah menyampaikan wasiat bahwa yang berhak mewarisi tahta Pringgandani adalah Bima dan Arimbi. Pewarisan negara Pringgondani kepada Bima berdasarkan fakta bahwa dirinya telah dikalahkan oleh Bima dalam hal kesaktian. Sama halnya dia telah ditaklukkan oleh serangan pasukan dari negara lain.

Selain itu Arimba juga menginginkan Arimbi menjadi istri Bima. Kelak kemudian hari anak dari perkawinan Arimbi dan Bima yaitu Gatutkaca adalah penerus kerajaan Pringgondani. Wasiat Arimba itu dirasakan oleh saudara saudaranya seperti Brajadenta, Brajamusti kurang tepat. Brajadenta dan Brajamusti lalu mengadakan kudeta menentang Gatutkaca, namun gagal. Prabu Arimbaji menikah dengan gandarwa wanita bernama Dewi Kalaladru. Ia memperoleh seorang putra yang berwajah sangat menakutkan yang diberi nama Arya Ajibarang.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=787
Comments
Loading...