Nama Tokoh Wayang : Arjuna, Tokoh Wayang Kuat

0 164

Arjuna
Nama tokoh wayang yang satu ini telah santer terdengar dan akrab di telinga orang Indonesia. Arjuna memang terkenal dengan ketampanan dan kemampuannya dalam memikat wanita. Karakternya juga banyak dinilai oleh banyak pakar budaya Jawa sebagai prototype ideal ksatria Jawa. Arjuna merupakan adik satu ayah dan ibu dari Bima. Ia memiliki beberapa nama julukan seperti Janaka (memiliki banyak istri), Permadi (tampan), dan Partha (pahlawan perang).

Meskipun seorang ksatria, Arjuna memiliki watak yang lembut, bahkan ketika berperang. Ia merupakan simbol kelembutan yang mampu mengalahkan hawa nafsu yang tercermin dari sifat kasar dan brutal. Dari julukannya sudah tergambarkan bagaimana karakter Arjuna. Dalam versi Jawa, Arjuna digambarkan sebagai ksatria yang memiliki ketampanan secara lahir dan batin. Ia gemar berkelana, bertapa, dan menuntut ilmu. Banyaknya isteri yang ia miliki juga merupakan pemberian dari para resi atau pendeta ketika ia telah selesai menuntut ilmu.

Kedekatannya dengan para resi dan brahmana membuat Arjuna banyak dianugerahi senjata dan kekuatan. Ia dikenal sebagai pemanah ulung dan memiliki beberapa mata panah yang sakti mandraguna. Arjuna memiliki ajian naracabala yang membuatnya dapat memanah dengan teknik yang dapat melipatgandakan anak panah ketika dihempaskan. Senjata panahnya yang paling terkenal adalah panah Ardadedali dan panah Pasopati. Panah Ardadedali memiliki kemampuan mendeteksi gen.

Source kumparan.com /bagas-putra-riyadhana/5-tokoh-wayang-berkekuatan-superhero
Comments
Loading...