Nama Tokoh Wayang : Astrajingga Wayang Revolution

0 70

The Astrajingga. Pada tau Astrajingga kan? Kalau nggak tahu, mungkin anda lebih mengenalnya dengan nama Cepot. Benar sekali. Astrajingga atau Sastrajingga adalah tokoh punakawan dalam pewayangan Sunda (Kalau di Jawa namanya Bagong). Karakter ini terkenal dengan warna kulitnya yang merah dan tingkahnya yang kocak habis. Konsep naskah The Astrajingga sendiri konsepnya sederhana. Yaitu Tradisionalisme vs Modernisme. Pernah ngebayangin nggak kalau di jaman wayang gitu, ada sekelompok robot yang menyerang Hastinapura?

Sadis kan? Naskah itu sebenarnya adalah bagian latah dari tren beberapa tahun lalu ketika para pelaku Industri kreatif Indonesia menggusung tema wayang dalam bentuk yang lebih modern. Sebut saja: Garudayana, The Adventure of Wanara, dan lain-lain. Jadi kalau orang bilang saya latah: Emang! Intinya mah ingin meramaikan dunia kreatif Indonesia dengan menggunakan budaya bangsa sebagai akar inspirasi. Idenya sendiri berasal dari sebuah game jaman dulu bertajuk: Might And Magic.

Dengan kepercayaan yang super gede, naskah itu pun saya kirim ke salah satu penerbit mayor dan Alhamdulillah, ditolak! Penolakan itu bikin saya putus asa, frustasi, depresi dan kontroversi. Naskah itu pun terbengkalai tak terselesaikan selama 1 tahun lebih.

Source kompasiana.com kompasiana.com/roedavan/54f3aec9745513a12b6c7cf4/the-astrajingga-wayang-revolution-coy
Comments
Loading...