Nama Tokoh Wayang : Aswatama, Berambut Kuda

0 85

Aswatama, berambut dan bertelapak kaki kuda

Aswatama anak Bambang Kumbayana dan Dewi Krepi (versi lain menyebut dengan Dewi Wilutama, yang dikutuk menjadi kuda terbang) yang mempunyai kesaktian dapat beralih rupa. Ketika Bambang Kumbayana ingin menyusul saudaranya, Bambang Sucitra, langkahnya terhalang samudra luas. Ia bersumpah, siapa saja yang bisa menyeberangkan, kalau pria akan dianggap saudara, kalau wanita akan diperistri. Waktu itu Dewi Krepi yang dalam mimpinya mendambakan pria ganteng bernama Bambang Kumbayana, mendengar sumpah itu, dan menjelma menjadi kuda sembrani yang bias terbang, bersedia menyeberangkan asal Bambang Kumbayana menepati sumpahnya.

Karena tidak ada pilihan, Bambang Kumbayana menyanggupi. Selama dalam ‘penerbangan’ itu, kuda sembrani selalu menghindari daratan, membuat jengkel Bambang Kumbayana. Timbul watak jahatnya, ia menodai kehormatan Dewi Krepi, sehingga hamil. Akibat kehamilan yang makin lama makin berat, kuda sembranipun mendarat, yang bersamaan dengan lahirnya bayi yang dikandungnya. Kuda sembrani berubah ujud menjadi Dewi Krepi kembali.

Bayi yang dilahirkan itu berambut dan bertelapak kaki kuda, dan diberi nama Aswatama. (Menjadi tanda tanya saya, dalam bentuk wayang kulit, kakinya seperti kaki manusia biasa, bukan kaki kuda) Mereka kembali ke kerajaan Tempuru, dan Bambang Kumbayana diterima menjadi menantu oleh Raja Tempuru, yang tidak lain adalah ayah Dewi Krepi sendiri.

Source Kompas kompasiana.com/ws-thok/5500a8daa33311bb74511bb0/tokoh-tokoh-wayang-dengan-kelainan-fisiknya-3
Comments
Loading...