Nama Tokoh Wayang : Bambang Ekalaya, Putra Raja

0 181

Ekalaya adalah putra Prabu Hiranyadanu dari Negeri Nisada yang kemudian mewarisi takhta ayahnya. Prabu Ekalaya juga dikenal dengan nama Palgunadi. Ia dikenal sebagai raja yang tampan, sakti dan beristri cantik dan setia yang bernama Anggraini. Dalam Wayang Purwa, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Ekalaya bukan raja Nisada melainkan raja Paranggelung. Ketika mendengar tentang adanya seorang guru pandai yang bernama Resi Drona, ia datang ke Kerajaan Astina dan melamar untuk menjadi muridnya.

Namun keinginannya itu tidak terlaksana, sebab Begawan Drona telah berjanji hanya akan mengajarkan ilmunya pada para Kurawa dan Pandawa saja. Karena tidak diterima menjadi murid, Ekalaya lalu mencuri dengar setiap kata-kata Drona, sewaktu guru besar itu sedang mengajar. Setelah itu, ia pun tekun berlatih mempraktekkan ajaran Drona, karena ketekunannya, lama kelamaan, ilmu yang dimiliki Ekalaya sebanding dengan Arjuna, terutama dalam ilmu memanah.

Suatu hari ketika Ekalaya alias Palgunadi sedang berlatih memanah di hutan, seekor anjing pemburur datang mendekat lalu menggonggongnginya.Ekalaya mencoba mengusir, tetapi binatang itu tetap saja menggonggong. Lama-lama, habislah kesabaran Ekalaya. Diambilnya tujuh buah anak panah, dipasang pada busurnya, dan dengan sekali bidik, ketujug anak panah itu melesat dan menancap tepat ke moncong anjing itu. Tidak lama kemudian, datanglah pemilik anjing itu, yang ternyata adalah Arjuna.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/bambang-ekalaya
Comments
Loading...