Nama Tokoh Wayang : Batara Mahadewa, Muka 4

0 139

Kalau bermuka dua tentu pembaca tahu artinya, namun bermuka empat tidak berarti pendiriannya bercabang empat. Batara Mahadewa ini memang benar-benar bermuka empat dan kepalanya tetap satu. Muka atau wajah itu berada pada ke-empat sisi kepalanya, ada yang di depan, belakang, samping kiri dan kanan. Kelihatannya sangat menguntungkan, karena bisa melihat dari segala arah dan susah dikagetin. Namun repotnya kalau pas bobok, terpaksa ada bagian muka yang tengkurap ke bantal tanpa bias dihindari.

Bermuka empat juga bukan sok-sokan agar beda (slogan sekarang: yang penting beda coy) dengan yang lain, tetapi karena sebab tertentu. Pada suatu ketika kahyangan diserbu asura (gandarwa/raksasa musuh para dewa) kakak beradik bernama Upasunda dan Sunda. Kahyangan kocar-kacir, para dewa terpaksa mengungsi. Sebagai senopati angkatan perang kahyangan, Batara Mahadewa memerintahkan Batara Wiswakrama (dewa seniman dan ahli bangunan) untuk membuatkan patung wanita cantik.

Patung itu kemudian diberi jiwa oleh Batara Guru sehingga benar-benar hidup dan diberi nama Dewi Wilutama (DW). Tugas DW adalah menggoda Upasunda dan Sunda. Sebelum berangkat DW berpamitan kepada semua dewa. Rupanya Batara Mahadewa terpikat dengan kemolekan DW, namun gengsi kalau harus memandang langsung. Kebetulan Batara Mahadewa berada di tengah-tengah, namun pikirannya selalu tertuju kepada DW yang semlohe itu.

Source Kompas kompasiana.com/ws-thok/5500a620a33311237051193d/tokoh-tokoh-wayang-dengan-kelainan-fisiknya-2#
Comments
Loading...