Nama Tokoh Wayang : Batari Cani, Istri Wigutama

0 201

Batari Cani, menurut pewayangan gagrak Jawatimuran adalah istri Resi Wigutama (Resi Gotama pada pedalangan di Jawa Tengah). Suatu saat Resi Gotama berselisih dengan Gajah Endra  yang menginginkan Dewi Cani menjadi istrinya. Mereka berperang tanding sampai belasan tahun lamanya, karena masing-masing sangat sakti, tidak ada yang kalah dan tidak pula ada yang menang. Sewaktu mereka sedang seru berkelahi, datang dua remaja yang langsung ikut dalam pertempuran itu membela Resi Gotama.

Keduanya berhasil membunuh Prabu Gajah Endra. Setelah lawannya mati, kedua remaja itu mengaku sebagai anak Resi Gotama, Resi Gotama tidak percaya karena sejak menikah, ia belum sempat menggauli istrinya. Menurut versi Jawatimuran, Subali dan Sugriwa atau Guwarsa dan Guwarsi bukan anak kandung Resi Gotama. Sebagai resi, Gotama mempunyai dua murid yang juga terkenal dalam pewayangan. Mereka adalah Jembawan dan Putut Menda yang juga berubah ujud menjadi kera.

Karena kesaktian yang dimilikinya, Resi Gotama tidak meninggal, melainkan moksa langsung pindah ke kahyangan. Resi Gotama adalah putra bungsu Prabu Heriya. Ia mempunyai kakak bernama Kartawirya, yang kemudian menjadi raja di Maespati. Raja Maespati yang terkenal, Arjuna Sasrabahu adalah keponakannya.

Source hadisukirno.com hadisukirno.co.id/artikel-detail.html?id=Resi_Gotama
Comments
Loading...