Nama Tokoh Wayang : Beda Tokoh Wayang versi India

0 68

Tokoh

Dari segi tokoh, kisah wayang banyak memasukan tokoh-tokoh tambahan yang tidak ada di dalam kisah Mahabarata versi Hindhu. Tokoh-tokoh ini sengaja diambil dari budaya asli Jawa, diantaranya adalah punakawan. Punakawan adalah pembimbing para ksatria dari trah Pandawa, atau sering disebut sebagai pihak yang baik. Punakawan terdiri atas Semar, Bangong, Petruk dan Gareng.Diantara keempatnya ini,Semar merupakan tokoh yang paling kuat, bahkan dalam kisah pewayangan Semar sebenarnya merupakan orang yang paling kuat.

Semar sebenarnya adalah dewa, yang menjelma menjadi manusia, ia digambarkan sebagai kakak dari raja dewa, Bathara Guru. Bagong, Petruk dan Gareng merupakan anak angkat dari Semar. Kiprah mereka di jagat pewayangan sangat ditunggu-tunggu, karena mengundang gelak tawa. Biasanya terdapat bagian khusus dalam wayang yang menampilkan para punakawan ini yaitu sering disebut goro-goro. Bilung dan Togog, keduanya juga merupakan punakawan versi Kurawa (musuh dari pandawa),peranannya tidak berbeda jauh dengan para punakawan yaitu membina para ksatria Kurawa.

Banyak lagi tokoh yang hanya ada di pewayangan seperti Antasena, Wisanggeni, Bambang Irawan, Antareja, Dursala (anak Dursasana) dll. Namun disini yang menarik,para tokoh-tokoh tambahan tersebut tidak akan mengubah jalan cerita seperti aslinya. Antasena, para tokoh modifikasi tersebut meninggal atau hilang sebelum terjadinya perang barathayuda yang menjadi klimaks dari kisah mahabarata.

Source Kompas kompasiana.com/senda/55095c08813311b16fb1e174/wayang-sebagai-master-piece-karya-budaya-bangsa-indonesia-bangsa-indonesai-yang-mana#
Comments
Loading...