Nama Tokoh Wayang : Berkenalan dengan Si Unyil

0 236

Museum Sanggar Gubug Wayang menjadi salah satu tempat yang patut Anda kunjungi jika ke Mojokerto. Museum yang terletak di Jalan R.A Kartini No.23, Kota Mojokerto, ini memamerkan beragam wayang, pusaka asli Indonesia, musik tradisional, mainan anak jaman dahulu, dan topeng. Yesen Project Indonesia sengaja membuat museum yang resmi dibuka pada 15 Agustus 2015 ini. Museum tiga lantai ini didirikan sebagai wujud rasa perduli terhadap seni budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Pada lantai pertama terdapat beraneka macam boneka Si Unyil. Itu karena Alm Pak Raden, inisator Unyil, turut andil meresmikan museum sanggar gubug wayang ini. Semua koleksi boneka Unyil, Pak Ogah, Pak Raden dan kawan-kawan lainnya diwariskan di museum. Di museum ini pula bisa melihat berbagai ekspresi Unyil dan tokoh lainnya. Mulai dari tersenyum, sedih, juga marah. Sedangkan di lantai dua dan tiga ada berbagai jenis wayang hasil hibah dari komunitas pecinta seni se Kabupaten Kota Mojokerto.

Wayang dari seluruh cusantara hingga China berada di sini. Termasuk wayang para tokoh besar seperti presiden pertama Soekarno sampai sekarang Joko Widodo. Aktor ibu kota seperti grup warkop DKI atau grup lawak yang lainnya yang dinamakan wayang dagelan.

Source timesindonesia.co.id timesindonesia.co.id/read/197568/20190122/164250/berkenalan-dengan-si-unyil-di-museum-sanggar-gubug-wayang
Comments
Loading...