Nama Tokoh Wayang : Bharata, Putra Prabu Duswanta

0 322

Bharata adalah putra Prabu Duswanta, raja negara Astina dengan Dewi Sakuntala, putri Prabu Wismamitra dengan Batari Menaka. Ia lahir di pertapaan Wismaloka tempat tinggal Begawan Kanwa. Ketika lahir Bharata diberi nama Sarwadamana oleh ibunya, Dewi Sakuntala. Sarwadamana mempunyai arti ‘manusia kuat penakluk binatang buas’. Nama itu sesuai benar dengan alam pertapaan berupa hutan dan gunung dimana ia lahir. Namun harapan Sakuntala tentu tidak sekedar binatang buas secara lahiriah.

Ada kalanya nafsu manusia lebih buas dari binatang. Bharata lahir karena buah cinta Prabu Duswanta yang melakukan pernikahan gandarwa dengan putri sang begawan. Ketika itu sang prabu sedang berburu di hutan. Dia terpesona akan kecantikan seorang gadis pertapaan yang cantik bagai dewi. Mereka lalu menjalin asmara. Tidak lama kemudian Begawan Kanwa tiba di pertapaan. Ia menjumpai putri angkatnya itu tersipu malu. Aura perawannya telah meredup.

Mengertilah sang begawan apa yang telah terjadi. Karena telah melanggar susila, mereka lalu dinikahkan tidak layaknya sebagai seorang raja namun layaknya gandarwa. Prabu Dusanta kembali ke istana tanpa mengajak Sakuntala karena tidak dinikah secara resmi. Sembilan bulan berlalu. Dari rahim Sakuntala lahirlah Sarwadamana. Sejak bayi Sarwadamana tinggal di pertapaan. Setelah remaja ia diantar ibunya menghadap ayahnya, Prabu Duswanta di istana Astina. Oleh Prabu Duswanta, Sarwadamana kemudian diangkat.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=832
Comments
Loading...