Nama Tokoh Wayang : Bima, Tokoh Wayang Berkekuatan

0 169

Bima adalah anak dari Prabu Pandu, raja Astinapura dan Dewi Kunti, orang tua dari Pandawa. Oleh karena itu, Ia juga anggota dari Pandawa. Tokoh wayang yang menjadi inspirasi superhero Indonesia, Bima Satria Garuda ini juga dikenal dengan nama Werkudara, Bratasena, Bimasiwi, dan Kusumayuda. Dalam dunia pewayangan, Bima digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter sebagai ksatria ideal. Bima adalah manifestasi dari seorang petarung dengan tubuh tinggi besar, berotot, dan atletis.

Dalam epos Baratayudha, Bima tampil sebagai petarung yang sadis dan brutal ketika berhadapan dengan Kurawa. Namun ia memiliki sifat yang sangat menyayangi keluarga dan banyak berkorban. Kelahiran Bima tidak lepas dari campur tangan Batara Bayu, dewa penguasa angin. Ayah Bima, Prabu Pandu tidak bisa memiliki keturunan akibat kutukan dari seorang Brahmana. Kemudian Prabu Pandu dan Dewi Kunti memohon pertolongan Batara Bayu, agar menjadi ayah sperma dari Bima, sehingga Bima juga dianugerahi kemampuan setengah dewa.

Dalam bertarung, Bima memiliki kekuatan fisik tak terbatas berkat ajian Bandungbandawasa. Bima memiliki senjata Gada Rujakpolo dan Bargawa (kapak besar). Gada Rujakpolo adalah palu besar seperti Mjolnir yang dimiliki tokoh superhero Thor. Jika Mjolnir dapat mengeluarkan energi petir, maka Gada Rujakpolo akan bertambah besar dan berat jika diadu dengan senjata-senjata musuh dan membuatnya bertambah kuat.

Source kumparan.com kumparan.com/bagas-putra-riyadhana/5-tokoh-wayang-berkekuatan-superhero
Comments
Loading...