Nama Tokoh Wayang : Bima (Werkudara), Pikul Pandawa

0 233

Bima memikul semua saudaranya dan juga ibunya. Peristiwa itu dikenal dengan lakon Bale Sigala-gala. Di Hidimbawana, Bima bertemu dengan Hidimbi atau dalam pewayangan jawa biasa disebut Arimbi. Arimbi jatuh cinta kepada Bima, namun kakaknya, Hidimba (Arimba) yang merupakan Raja kerajaan Pringgodani marah karena Arimbi jatuh cinta kepada seseorang yang seharusnya menjadi santapan mereka. Pada saat itu, perkelahian antara Bima dan Hidimba pun tidak dapat dielakan.

Dan dalam pertarungan itu, Bima memenangkannya dan berhasil membunuh Hidimba. Bima kemudian menikah dengan Hidimbi, mereka dikaruniai seorang putera yang diberi nama Gatotkaca. Bima juga mempunyai seorang putera dari Dropadi yang merupakan istri para Pandawa yang bernama Sotasoma. Bima juga menikah dengan puteri Balandhara dari kerajaan Kashi dan memiliki anak bernama Sarwaga. Semua putera Bima ikut dalam pertempuran besar di Kurukhsetra, namun semuanya gugur dalam pertempuran itu.

Setelah menikah dengan Arimbi,Bima, Dewi Kunti dan Para Pandawa meninggalkan Hidimbawana dan mereka tiba di sebuah kota yang bernama Ekacakra. Di Ekacakra, mereka tinggal di rumah keluarga brahmana. Di Ekacakra kebetulan sedang diteror seorang raksasa bernama Bakasura. Raksasa itu akan berhenti mengganggu kota,dengan syarat penduduk Ekacakra harus mempersembahkan makanan yang enak dan seorang manusia setiap minggunya. Dan kebetulan, kini giliran keluarga brahmana itu karena merasa amat berutang budi.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/bima-werkudara-ii
Comments
Loading...