Nama Tokoh Wayang : Bisma (Dewabrata), Putra Santanu

0 387

Bisma, waktu mudanya bernama DewabrataIa adalah putra Prabu Santanu, raja negara Astina dengan Dewi Gangga (Dewi Jahnawi)Karena itu ia juga dikenal dengan nama Ganggadata. Bisma sejak lahir sudah ditinggal ibunya, ia kemudian disusui oleh Dewi Durgandini. Ia menjadi saudara sepersusuan Abiyasa, putra Durgandini dengan PalasaraBisma memiliki watak kepribadian: pemberani, berbakti kepada ayahnya, sayang kepada keluarganya, memegang teguh janji, Bisma merelakan tahta negara Astina kepada Dewi Durgandini (Dewi Setyawati) sebagai persyaratan (maskawin) kesediaan Dewi Durgandini menjadi istri ayahnya, Prabu Santanu.

Ia melakukan sumpah wadat ‘tidak melakukan perkawinan layaknya seorang brahmacari’ Karena keluhurannya budinya itu, Bisma mendapat anugrah dewata. Ia mendapat keistimewaan, tidak dapat mati kalau tidak atas kehendaknya sendiri. Ia tinggal di kesatrian Talkanda, masih dalam wilayah negara Astina. Bhisma rela tidak menjadi raja sebagai baktinya kepada ayahnya Prabu Sentanu yang jatuh cinta kepada Dewi Durgandini. Dewi Durgandini mau menjadi istri Prabu Sentanu asal diberi hak layaknya seorang permaisuri.

Durgandini mununtut kelak anak-anak yang dilahirkannya adalah pewaris tahta Kerajaan Astina. Padahal pada saat itu Prabu Sentanu sudah mempunyai seorang putra mahkota yang telah menginjak remaja yaitu Dewabrata atau Bhisma. Prabu Sentanu sangat gundah dan selalu murung. Bhisma seakan ikut merasakan  penderitaan  rindu-dendam ayahandanya. Untuk mewujudkan keinginan ayahandanya, serah.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=837
Comments
Loading...