Nama Tokoh Wayang : Bukbis, Senopati Perang Alengka

0 411

Bukbis menjadi senopati perang dan menugaskannya untuk mencari dan melenyapkan Rama. Bukbis maju ke medan yuda sebagai senopati, memimpin pasukan Alengka berangkat ke medan perang. Dan akhirnya bertemulah pasukan raksasa Alengka dan pasukan kera Pancawati. Adegan sabung nyawapun kembali terjadi. Bukbis dengan  kekuatan andalannya  sorot api dari mata ketiganya, membuat bala Pancawati banyak yang tewas terbakar.

Secara bergantian satria Pancawati melawan  Bukbis. Bukbis, memiliki sorotan api dari  mata ketiganya. Api membakar pasukan Anggada, Demikian pula dengan Anila mengalami hal yang serupa. Pasukan kera menjerit jerit kepanasan terpanggang api. Melihat kesengsaraan perajurit kera, Wibisana mengarahkan panahnya ke sekumpulan mega mendung dilangit, hingga hujan turun dengan derasnya. Apipun padam. Wibisana memerintahkan Anoman untuk membawa kaca cermin dalam menghadapi sinar api  Bukbis.

Kaca cermin telah disiapkan oleh Anoman. Perkelahian  Bukbis dengan Anoman kembali terjadi. Ketika mata ketiga  Bukbis mulai memancarkan sinar yang menyilaukan mata, Anoman sudah siap menjemputnya. Anoman segera meloncat kesamping kaca, menghindar dari serangan sinar api, dan menahannya dengan kaca cermin tersebut. Sehingga sinar api yang diarahkan ke Anoman mengenai cermin, dan sinar api  yang mengenai cermin, kemudian berbalik kembali kearah Bukbis, sehingga Bukbis terbakar dengan sendirinya. Pasukan Pancawati bersorak sorai menyambut kemenangan. Pasukan Prabu Rama semakin maju memasuki wilayah Alengka.

Source My Wayang Kumpulan Cerita Wayang
Comments
Loading...