Nama Tokoh Wayang : Burung Garuda Mahambira

0 689

Garuda Mahambira berwujud burung raksasa, memiliki 6 (enam) saudara tunggal Bayu – makhluk yang kelahirannya atas daya cipta Bathara Bayu, mereka adalah : Anoman, Jajagwreka, Gunung Maenaka, Gajah Situbanda, Naga Kwara dan Bima, memiliki sifat-sifat mirip Batara Bayu, dewa penguasa angin. Di antara tujuh saudara tunggal Bayu itu, yang terkenal adalah Bima, Anoman dan Gajah Situbanda. Dalam kedudukannya sebagai ‘tunggal bayu’ Garuda Mahambira mewakili nafsu kuning.

Di dalam Kitab Adiparwa, bagian awal dari Mahabharata menceritakan bahwa nenek moyang Garuda adalah seorang permaisuri bernama Winata. Winata ini pernah kalah bertaruh dengan madunya bernama Kadru sehingga dia menjadi budaknya. Garuda ingin menunjukkan baktinnya kepada ibunya. Dengan kekuatannya Garuda merebut Tirta Amarta yang dikuasai para dewa guna menebus ibunya yang menjadi budak. Garuda ini karena keperkasaan dan kekuatannya kemudian dijadikan kendaraan oleh dewa Wisnu.

Mitologi Garuda dan Wisnu ini masih sering diabadikan oleh seniman-seniman patung Bali. Seekor garuda perkasa yang mengepakkan sayap sedang dikendarai Wisnu yang bijaksana. Sebuah paduan yang serasi. Ide itu juga yang mengilhami patung Garuda Wisnu KencanaSewaktu Arjuna berniat hendak memperoleh Wahyu Makuta Rama, Garuda Mahambira mendapat tugas untuk menguji tekad ksatria itu. Dalam perjalanan Arjuna menemua Begawan Kesawasidhi, Garuda Mahambira mencoba menghalanginya, namun dengan petunjuk Semar, Arjuna dapat menghadapi hambatan itu.

 

Source My Wayang Wayang Heritage
Comments
Loading...