Nama Tokoh Wayang : Buta Rambut Geni, Rambut

0 70

Buta Rambut Geni, berambut api

Buta Rambut Geni diciptakan pada zaman kerajaan Mataram tahun Jawa 1552 ini mempunyai ciri khusus, rambutnya berupa api, dahi nonong dan kakinya bertaji seperti ayam jantan. Bersama dengan rekan-rekannya, Buta Prepat muncul dalam perang kembang. Buta Rambut Geni ini terkena penyakit insomnia akut, betapa tidak? Lha gimana tidurnya bisa nyenyak, jika setiap kali merebahkan kepala, bantalnya langsung terbakar, hehehe….

Buta Rambut Geni berperangai liar dan ganas. Perutnya selalu lapar dan ingin memakan setiap kali berjumpa dengan manusia. Namun saat berjumpa dengan Prepat Panakawan, nasibnya seperti Buta Prepat yang lain, ia dijadikan bulan-bulanan. Banyak lelucon yang idenya bersumber dari Buta Rambut Geni. Pernah suatu ketika Petruk menyulut rokok pada rambutnya yang selalu menyala, dan Bagong membakar ketela pohong hingga gosong, dikarenakan tidak dapat mengecilkan nyala apinya.

Buta Rambut Geni digambarkan sebagai raksasa hutan, mata melotot, mulut menganga menakutkan, berpakaian sederhana, memakai gelang dan kelat bahu. Tidak diceritakan berapa orang yang sudah menjadi korban keganasannya, saat ia bersama tiga Raksasa lainnya melakukan aksi sebagai pembegal atau perampok di hutan yang menjadi daerah kekuasaan.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ws-thok/5500adfba333115263512369/tokoh-tokoh-wayang-dengan-kelainan-fisiknya-4#
Comments
Loading...