Nama Tokoh Wayang : Buta Terong, Hidung Besar

0 168

Buta Terong, berhidung besar seperti terong

Kelainan fisik Buta Terong adalah hidungnya yang menggantung seperti buah terong, badannya bungkuk dan perutnya buncit. Bersama Buta Prepat adalah asli ciptaan seniman nusantara yang tidak ada di India. Jenis olahraga yang dibencinya adalah ‘tinju’. Sudah tentu kena tonjok terus, karena pandangannya terganggu dengan hidungnya yang besar itu.

Buta Terong tidak diketemukan dalam kitab Mahabarata dan Ramayana yang berasal dari India itu, tetapi sebagai hasil karya seniman kita sendiri, termasuk cerita (carangan) yang mengiringinya benar-benar asli buatan negeri sendiri. Kreatifnya nenek moyang kita membuat tokoh-tokoh wayang (disebut wayang anggitan) yang mempunyai ciri-ciri khusus, sehingga mudah dikenali. Biasanya, tokoh-tokoh itu tidak turut serta dalam perang Baratayuda, tetapi sengaja ‘dimatikan’ terlebih dahulu dengan berbagai cara, sesuai dengan versinya.

Tokoh-tokoh wayang yang mempunyai kelainan fisik jarang yang wanita. Dewi Durgandini yang kulitnya berbau amis pun bukan kelainan fisik, melainkan semacam penyakit. Tokoh wayang dan macam kelainan fisik lainnya setahu saya masih ada, namun karena kurang jelas sebab dan kisah yang menyertainya, maka kesulitan mencari sumbernya dan mengungkapkannya. Misalnya: Batara Wisnu dan Kresna yang berkulit hitam; Baladewa yang berkulit bule; Anoman — kera berbulu putih; Antasena yg bersungut; dll.

Source Kompas kompasiana.com/ws-thok/5500adfba333115263512369/tokoh-tokoh-wayang-dengan-kelainan-fisiknya-4#
Comments
Loading...