Nama Tokoh Wayang : Candraketu, Patih Maespati

0 330

Candraketu, salah seorang senapati Kerajaan Maespati pada zaman pemerintahan Prabu Arjuna Sasrabahu. Senapati lainnya pada masa itu adalah Suryaketu, Kalinggapati, dan Wisabraja. Mahasenapati kerajaan itu, pada masa itu dirangkap oleh Patih Suwanda alias Bambang Sumantri. Sesudah Patih Suwanda gugur ketika melawan Prabu Dasamuka dari Kerajaan Alengka, jabatan patih dan mahasenapati diserahkan kepada Bambang Kartanadi yang kemudian bergelar Patih Surata.

Di negeri Cempalareja, sang Prabu Drupada dihadap oleh Patih Candraketu, para adipati, dan para menteri. Patih Candraketu melapor kepada sang Prabu bahwa di pesisir Cempalareja sekarang ini telah datang seorang raja seberang yang sedang berkelana membawa bala tentara lengkap. Raja itu adalah Prabu Jungkungmardea.

Source books.google.co.id books.google.co.id/books?id=shV9DQAAQBAJ&pg=PA42&lpg=PA42&dq=candraketu&source=bl&ots=gUnKAftuPF&sig=61f2ueMpVdDldVMKMQQSGZU2xRs&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiO3IrnxOjaAhUJgI8KHfzMDsMQ6AEIQjAD#v=onepage&q=candraketu&f=true
Comments
Loading...