Nama Tokoh Wayang : Catugora, Jenis Panakawan

0 166

Catugora adalah salah satu panakawan yang berpasangan dengan Sarwita. Kedua panakawan ini, pada Wayang Purwa masa kini sudah tidak lagi dikenal. Terakhir pasangan panakawan khusus bagi tokoh sabrangan ini, dimainkan dalam pewayangan pada sekitar zaman pemerintahan Sunan Paku Buwana II di Kartasura. Bentuk peraga Catugora agak mirip dengan Togog, sedangkan Sarawita agak mirip dengan Bilung. Karena itulah kemudian Catugora dianggap sebagai nama alias Togog, sedangkan Sarawita dianggap nama alias Bilung.

Catugora dikenal pula dengan nama Tejamantri atau Togog. Ia diyakini sebagai pengejawantahan dari Sanghyang Antaga. Tejamaya, putra sulung dari tiga bersaudara, putra Sanghyang Tunggal dengan Dewi Rekatawati. Dua saudaranya yang lain adalah Sanghyang Ismaya dan Sanghyang Manikmaya. Karena melakukan suatu kesalahan, Sanghyang Antaga oleh ayahnya diperintahkan turun ke arcapada dengan tugas membina dan memberi tuntunan kepada golongan asura (golongan raksasa dan angkara).

Ketika akan turun ke arcapada, Sanghyang Antaga meminta kepada Sanghyang Tuggal agar diberikan seorang kawan yang bisa mendjadi teman bertukar pikiran dan bercanda. Sanghyang Tanggal kemudian menyuruh Sanghyang Antaga mencari anak jin bernama Sarawita yang kala itu sedang bertapa di dasar samodra. Ketika menjumpa Sarawita, Sanghyang Antaga sangar terkejut karena anak jin itu bertapa dengan mulut terbuka lebar dan mulutnya penuh dengan binatang laut. Sanghyang Antaga kemudian menghentikan.

Source wayangindonesia.web.id wayangindonesia.web.id/catugora.wayang
Comments
Loading...