Nama Tokoh Wayang : Catur Bejo atau Batara Guru

0 285

Catur Bejo, dalam Wayang Golek Purwa Sunda, adalah nama lain bagi Batara Guru

Catur Bejo di dunia pewayangan, adalah pemuka para dewa yang memerintah kahyangan, yaitu alam yang dihuni para dewa. Dalam seni kriya Wayang Kulit Purwa, Batara Guru dilukiskan bertangan empat, bertaring kecil, berleher biru, kakinya apus (semacam penyakit polio), dan hampir selalu mengendarai Lembu Andini. la juga dikenal dengan nama lain, yakni Sang Hyang Manikmaya, Sang Hyang Caturbuja, Sang Hyang Otipati, Sang Hyang Jagadnata, Nilakanta, Trinetra, Girinata, dll.

Dalam pewayangan Batara Guru bersaudara dua orang, Hyang Maha Punggung dan Hyang Ismaya. Ayah ketiga bersaudara itu adalah Sang Hyang Tunggal. Ibunya bernama Dewi Rekatawati. Suatu saat Dewi Rekatawati melahirkan anak berwujud sebutir telur yang memancarkan cahaya terang. Dengan kesaktian yang dimilikinya Hyang Tunggal mengubah wujud telur itu. Kulit telurnya berubah ujud menjadi Hyang Maha Punggung, dia dianggap sebagai anak sulung.

Putih telurnya menjadi Hyang Ismaya, ia dianggap sebagai anak nomor dua. Dan kuning telurnya menjadi Hyang Manikmaya, dianggap sebagai anak bungsunya. Kedua kakaknya diberi tugas menjadi pamong umat manusia di dunia, sedangkan Sang Hyang Manikmaya bertugas mengepalai para dewa di kahyangan. Mengenai pembagian tugas ini, dalam pewayangan diceritakan bahwa pada mulanya ketiga bersaudara itu saling memperebutkan hak menjadi penguasa.

Source wayangindonesia.web.id wayangindonesia.web.id/catur-bejo.wayang
Comments
Loading...