Nama Tokoh Wayang : Cengguris, Tokoh Punakawan

0 343

Cengguris adalah tokoh Punakawan yang muncul pada jagad pewayangan sebelum pertengahan abad ke-18 sampai dengan tahun 1940-an. Jejak  terakhir dalang wayang kulit purwa di Surakarta mementaskan tokoh Cengguris pada zaman pemerintahan Sunan Paku Buwono XI (1893 – 1939). Sejak itu tokoh Punakawan Cenguris ini lenyap. Pada dekade tahun 1940-an, tokoh Punakawan adalah  Semar dan Bagong. Itulah sebabnya, sebagian orang menganggap, tokoh Bagong muncul untuk menggantikan Cengguris.

Pada saat ini tokoh pelawak kuna wayang  ini boleh dikatakan telah punah. Data lengkap yang lebih jelas  mengenai tokoh Punakawan Cengguris tidak lagi dapat dilacak. Lebih lagi di karya-karya sastra tokoh Cenguris ini juga jarang sekali disebut-sebut. Lenyapnya tokoh Cenguris ini tentu sangat menarik jika dirunut dari segi sejarah seni pertunjukan. Wayang dan tokoh wayang adalah refleksi dari keadaan sosial dan kenyataan kehidupan. Jika satu tokoh tidak lagi dianggap mempunyai fungsi dalam konteks sosial atau dalam budaya maka sudah barang tentu akan segera lenyap.

Tapi  apa yang menyebabkan tokoh Cenguris ini kemudian menghilang seperti ditelan bumi? Apakah ada perubahan sosial yang radikal ataukan ada dinamika budaya jawa yang revolusioner yang tidak memungkinkan tokoh ini hidup? Selama ini tidak ada keterangan maupun informasi mengapa Cenguris ini seperti ditarik dari peredaran. Apakah karena pesaingnya yaitu Bagong yang lebih vokal?

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=873
Comments
Loading...