Nama Tokoh Wayang : Cingkrabala, Mata Plelengan

0 411

Cingkarabala bermata plelengan berhidung nyanthik palwa (serupa haluan perahu). Putra seorang raksasa bernama Gopatama yang adalah juga saudara Lembu Andhini, kendaraan Hyang Guru. Raksasa inipun digambarkan sebagai penjaga pintu surga. Seseorang yang ingin ke Sorga, harus pergi ke situ dengan badan halusnya dan menundukkan lebih dulu amarahnya yang diibaratkan kedua Dewa raksasa itu. Di dalam segala cerita wayang berlaku peraturan bagi setiap orang yang ingin naik ke surga, bahwa tak diizinkan ia untuk datang dengan badan kasarnya, melainkan dengan badan halusnya.

Seseorang ingin naik ke surga dengan badan kasarnya, akan dihalangilah ia oleh kedua raksasa penjaga pintu Sorga itu. Tetapi ada juga ksatria, yakni Arjuna, yang bisa naik ke surga dengan badannya. Perbuatan demikian disebut sumengka pangawak bajra yang berarti bersungguh-sungguh bagaikan berbadan angin puyuh. Selain Arjuna terdapat juga tokoh-tokoh wayang sakti lainnya yang bisa naik ke surga dengan badan kasar. Dalam hubungan ini dapat disebut misalnya Semar yang karena marah naik surga dengan badan kasarnya untuk meinta kembali roman mukanya yang elok.

Semar sesungguhnya seorang Dewa yang telah diturunkan ke arcapada, bumi untuk menjaga keluarga Pandawa Lima. Menilik contoh-contoh tersebut, maka secara simbolis terdapat kemungkinan juga sebenarnya bagi manusia untuk dengan badannva menghadap ke hadirat Dewa, asal syarat-syaratnya terpenuhi.

Source Wayangku Ki Demang.com
Comments
Loading...