Nama Tokoh Wayang : Dewi Kunti, Ibu 3 Pandawa

0 341

Dia adalah ibu kandung tiga putra Pandawa yaitu, Yudhistira, Werkudara (Bima), dan Arjuna. Kunti memiliki saudara yang bernama Basudewa yang tak lain adalah ayah dari Baladewa, Kresna dan Subadra. Selain memiliki anak dari Pandu, Kunti juga memiliki satu putera lagi yaitu Karna. Semasa bayi nama Kunti adalah Perta namun kemudian ia diadopsi oleh Raja Kuntiboja yang tidak memiliki anak dan semenjak itu ia diberi nama Kunti. Saat Kunti masih muda, ia diberi mantra sakti oleh resi Durwasa agar mampu memanggil Dewa-Dewi yang ia kehendaki.

Suatu hari Kunti ingin mencoba mantra tersebut dan ia memanggil salah satu Dewa yaitu Surya. Surya kemudian menanyakan apa yang Kunti inginkan, namun karena hanya mencoba, maka Kunti menyuruh Sang Dewa untuk kembali ke kediamannya. Karena Kunti sudah memanggil Dewa Surya tetapi tidak menginginkan apapun, maka Surya memberikan Kunti seorang putera. Namun Kunti tidak menginginkan putera saat itu, maka ia menghanyutkan Karna di sungai Aswa.

Bayi itu kemudian dipungut oleh seorang kusir keraton Hastinapura yang bernama Adirata,  ia lalu memberi nama bayi itu Karna. Kunti diperistri oleh Pandu, raja di Hastinapura. Pandu juga menikahi Madri (Dewi Madrim) sebagai istri kedua. Namun mereka tidak memiliki anak, ini dikarenakan Pandu mendapat kutukan dari Resi Kindama, bahwa ia mandul.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/dewi-kunti
Comments
Loading...