Nama Tokoh Wayang : Dewi Sarmista, Nenek Moyang

0 327

Dewi Sarmista adalah nenek moyang wangsa Pandawa dan Kurawa. Ia adalah putri tunggal Prabu Wrisaparwaraja daitya (setengah raksasa) negara Parwata. Ibunya seorang hapsari keturunan Batara Mahedewa. Sarmista berwajah cantik, memiliki sifat dan perwatakan lembut, baik hati, setia dan sangat berbakti. Karena suatu kesalahan yang tidak ia sengaja, bertahun-tahun Sarmista harus menjalani hinaan dan siksaan batin menjadi budak sahabatnya sendiri, Dewi Dewayani, putri tunggal Resi Sukra.

Peristiwanya itu terjadi, tatkala mereka dan pengiringnya selesai mandi di telaga, Sarmistasalah mengambil pakaian Dewayani  karena pakaian mereka saling menumpuk akibat tiupan angin. Dewayani marah-marah dan mengumpat. Sarmista yang jengkel tanpa sengaja mendorong tubuh Dewayani sampai jatuh ke lumpur. Dewayani makin murka lalu mengancam akan mengadukan hal ini kepada ayahnya agar Sarmista dikutuk. Karena takut terkena kutuk pastu Resi Sukra, yang sangat sakti dan memiliki mantra sanjiwaniSarmista akhirnya minta maaf.

Dewayani menerima permintaan maaf Sarmista dengan sebuah syarat yang berat, Sarmista harus mau menjadi budaknya. Sarmista dengan tulus meluluskan permintaan Dewayani. Ketika Dewayani menjadi permaisuri Prabu Yayati, raja negara Astina, Sarmista tetap menjadi budaknya. Namun karena kecantikan dan sikap pribadinya yang menarik, Prabu Yayati akhirnya membebaskan Sarmista dan mengambilnya sebagai istri. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh tiga orang putra lelaki masing-masing bernama Druhyu.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=1119
Comments
Loading...