Nama Tokoh Wayang : Dewi Sinta (Sita, Shinta), Ramayana

0 291

Sita atau Shinta adalah salah satu tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana. Ia adalah istri dari Sri Rama yang merupakan tokoh utama dalam kisah tersebut. Dalam bahasa Sansekerta kata Sita memiliki makna “kerut”, “kerut” merupakan istilah puitis pada zaman India Kuno, yang menggambarkan aroma kesuburan. Selain Sita, ia juga memiliki banyak nama, antara lain, Sebagai puteri raja Janaka, maka ia dipanggil Janaki. Sebagai puteri Mithila, ia dipanggil Mathili, dan sebagai istri dari Rama, ia dipanggil Rama.

Sita juga dikenal dengan nama Waidehi, hal itu karena ia berasal dari kerajaan Wideha. Menurut pandangan Hindu, Sita atau Shinta merupakan reinkarnasi dari Laksmi, dewi keberuntungan, istri Dewa Wisnu. Dalam Ramayana, Sita adalah putri Janaka, raja Kerajaan Wideha. Dikisahkan, suatu ketika kerajaan Wideha dilanda kelaparan. Sebagai raja, Janaka kemudian melakukan upacara atau yadnya di suatu area ladang, diantaranya yaitu dengan cara membajak tanahnya.

Tiba-tiba mata bajak Raja Janaka membentur sebuah peti dan ternyata berisi seorang bayi perempuan. Bayi itu lalu dipungutnya dan diangkat menjadi anak. Sita dibesarkan di istana Mithila, ibu kota Wideha oleh Janaka dan Sunayana, permaisurinya. Setelah Sita menginjak usia dewasa, Janaka mengadakan sayembara untuk menemukan pasangan yang tepat bagi putrinya. Barang siapa yang berhasil membentangkan busur pusaka anugerah Dewa Siwa, yang berat.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/dewi-sinta
Comments
Loading...