Nama Tokoh Wayang : Dosomuko (10 muka, 5 mata)

0 918

Para “budak napsu” selalu menempatkan diri sebagai pemimpin, persis seperti Rahwana. Ia diperbudak oleh “Dosomuko”, 10 muka : 5 panca indera mata, telinga, hidung, mulut, kulit, dan 5 persepsi pikiran : penglihatan, pendengaran, penciuman, pececapan dan perabaan. Itulah sebab kebinasaannya. Dalam Surat Al-Furqan ayat 43 disebutkan : “Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?”

Demikian disampaikan dalam salah satu materi program Neo Interfaith  Studies. Lain Rahwana, lain Hanuman yang patuh pada Sri Rama, yang selalu mengikuti kehendak Dia Hyang Berada di Mana-Mana. Hanuman adalah hamba yang sempurna, baginya hanya Sri Rama yang ada dalam dirinya, dia selalu melakukan apa pun perintah Sri Rama, walau dengan resiko kehilangan nyawa. Hanuman berperang melawan pasukan Alengka bukan untuk mendapatkan pujian atau membalas dendam atas perbuatan keji Kroni Rahwana, Hanuman hanya menjalankan perintah Sri Rama dengan penuh kesungguhan, penuh keberanian.

Mati baginya tidak masalah asal dia sedang menjalankan kehendak-Nya. Menang atau kalah tidak dipikirkannya, yang penting perintah-Nya dilakoni. Hanuman terbang sebagai agen rahasia ke Negeri Alengka, untuk mengetahui kesetiaan istri junjungannya. Ternyata Sita tidak terpengaruh kemewahan Istana Alengka, ternyata Sita merindukan Sri Rama. Hanuman juga melihat kelompok Wibisana yang memuja Sri Wisnu yang telah mewujud sebagai Sri Rama. Wibisana menentang tindakannya.

Source My Wayang Renungan Triwidodo
Comments
Loading...