Nama Tokoh Wayang : Drona (Durna), Guru Kurawa

0 1.191

Dalam dunia pewayangan di Indonesia, sering dianggap sebagai tokoh biang keladi kelicikan. Dalam pembicaraan umum, julukan Resi Durna diberikan kepada orang yang suka menghasut, memfitnah dan berakal buruk. Tetapi dalam pewayangan, sebenarnya sifat Durna tidaklah seburuk itu. Durna lebih berperan sebagai guru dalam berbagai ilmu perang, kesaktian, tata negara dan lain – lain. Pada masa mudanya Durna dikenal sebagai Bambang Kumbayana, ksatria dari negeri Atasangin.

Ia suka berkelana untuk menambah ilmu, kawan dan pengalaman. Durna pernah berguru pada Ramabar – gawa, Brahmana Sakti ahli panah. Ketika berkelana inilah suatu saat ia terhalang sebuah sungai besar yang sedang banjir. Waktu itu ia berucap : “Seandainya ada yang dapat menyeberangkan aku, jika ia pria kuat kuangkat menjadi saudara, kalau wanita kuambil menjadi istri”. Sesaat kemudian datanglah seekor kuda sembrani, yakni kuda sakti yang bersayap ke hadapannya.

Bambang Kumbayana segera menaiki kuda itu dan terbang ke seberang. Setelah turun, baru ia mengetahui bahwa kuda itu betina. Maka sesuai dengan ucapannya, ia pun menikahi kuda betina itu. Si kuda pun hamil, kemudian melahirkan seorang anak laki – laki. Setelah melahirkan, kuda itu menjelma menjadi seorang bidadari bernama Dewi Wilutama. Bidadari itu lalu pergi meninggalkannya, pulang ke kahyangan. Anak laki – lakinya diberi nama Aswatama. Dalam pewayangan, Aswatama manusia kuda.

Source My Wayang Berkonten
Comments
Loading...