Nama Tokoh Wayang : Drona, Menghadap ke Kanan

0 66

Drona menghadap ke kanan pada gedebog nginggil. Baru yang terakhir Sangkuni tampil dari kiri, setelah dipersilakan duduk kemudian tanceb di gawang kiri samping Karna menghadap ke kanan pada gedebog ngandhap. Perlu diketahui bahwa ayah Ki Manteb Soedharsono dikenal sebagai dalang Baladewa dan Dasamuka yang sangat pandai menciptakan sabet yang segar dan lucu. Pendidikan ayah kepada Ki Manteb Soedharsono dan adik-adik Ki Manteb Soedharsono sangat keras.

Segala tindakan berkesenian yang menurut penilaian ayah Ki Manteb Soedharsono merupakan keteledoran dan kelalaian pasti mendapat hukuman berupa pukulan rotan atau sabetan sabuk, sehingga tubuh Ki Manteb Soedharsono dan adik-adik Ki Manteb Soedharsono kerap kali lebam membiru. Berbeda dengan adik-adik Ki Manteb Soedharsono (Sumanto dan Maryono) yang kadang menghindar dari hukuman ayah, Ki Manteb Soedharsono selalu patuh menjalani hukuman ayah jika Ki Manteb Soedharsono teledor.

Pendidikan yang sangat keras tersebut ternyata mempengaruhi tumbuhnya semangat dalam diri Ki Manteb Soedharsono untuk selalu berlatih dan mengembangkan kemampuan pedalangan yang Ki Manteb Soedharsono kuasai. Perlu diketahui bahwa di tangan ayah Ki Manteb Soedharsono, tidak ada satu tokoh wayang pun yang disaltokan, termasuk wayang raksasa. Oleh karena itu, ketika ayah masih hidup, Ki Manteb Soedharsono tidak pernah mensaltokan tokoh wayang; terlebih jika pementasan Ki Manteb Soedharsono itu dilihat langsung.

Source docplayer.infodocplayer.info docplayer.info/56814222-Ki-manteb-soedharsono-pemikiran-dan-karya-pedalangannya.html
Comments
Loading...