Nama Tokoh Wayang : Dropadi (Drupadi), Putri Drupada

0 228

Dropadi atau Drupadi adalah putri sulung Prabu Drupada, raja negeri  Pancala atau Cempalaradya. Ia memiliki nama sebutan lain yaitu Dewi Krisna dan Dewi Pancali. Dropadi dikisahkan lahir dari hasil Putrakama Yadnya, yakni ritual memohon putera yang dilakukan Prabu Drupada. Dikisahkan, Drupada dipermalukan oleh Drona. Untuk membalas dendam, Drupada menyelenggarakan Putrakama Yadnya. Putera atau puteri yang lahir nanti akan digunakan untuk membalas dendam kepada Drona.

Dari upacara tersebut, lahirlah seorang putera yang diberi nama Drestadyumna dan seorang puteri yang bernama Drupadi. Setelah Drupadi beranjak dewasa, ayahnya, Prabu Drupada membuat sayembara untuk mencarikan jodoh untuk putrinya tersebut. Ada dua versi mengenai sayembara Dropadi ini. Menurut versi Mahabharata, dalam sayembara itu diumumkan, barangsiapa dapat menentang Gendewa Pusaka, yaitu busur panah milik kerajaan Pancala, akan dinikahkan dengan Dewi Drupadi. Dalam sayembara tersebut, sebenarnya Adipati Karna berhasil mementang Gandewa Pusaka, tetapi sebelum Karna menggunakannya untuk memanah sasaran yang ditentukan, Dewi Drupadi langsung menolak dengan berucap:

Aku seorang putri raja. Mana mungkin aku akan menikah dengan seorang berdarah suta?

Mendengar ucapan itu, Karna langsung keluar dari Istana. Maka, Arjuna lah yang berhak membawa Dropadi  untuk dipersunting, karena ia juga berhasil mementang Gandewa Pusaka dan memanah sasaran yang ditentukan dengan tepat. Siapa yang berhasil, berhak memperistri Drupadi. 

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/dropadi
Comments
Loading...