Nama Tokoh Wayang : Dursilawati, Cantik ditengah Kurawa

0 280

Dursilawati adalah si cantik di tengah keluarga Kurawa. Ia satu-satunya perempuan di antara 100 (seratus) putra Prabu Drestarasta. Prabu Destarastra adalah Raja Astina dengan Dewi Gandari sebagai Permasuri. Dewi Gandari adalah putri dari Prabu Gandara dengan Dewi Gandini dari Gandaradesa. Dewi Dursilawati sangatlah dimanja oleh orang tua dan saudara-saudaranya. Kehidupannya serba mewah dan semua keinginannya selalu dikabulkan. Karakter Dursilawati adalah bersahaja, menarik hati, gaya dan kata-kata yang diucapkannya sangat memikat hati.

Dursilawati pernah menggegerkan Astina. Adik Prabu Suyudana yang telah bertunangan dengan Jayadrata ini menghilang. Oleh karena itu, Prabu Destarastra mengangkat Adipati Karna sebagai Kepala Satuan Tugas untuk mencari Dewi Dursilawati. Upaya pencarian pun segera dilaksanakan. Dalam masa pencarian, rombongan ini bertemu dengan Kala Bancuring, Kara Mingkalpa dan Kala Pralemba sebagai utusan Prabu Kurandageni dari Tirtakadasar.

Utusan ini sangat berminat dengan Dursilawati, karena berkeinginan keras untuk datang ke Astina maka terjadilah perkelahian dengan utusan Kurandageni. Prabu Kurandageni yang mendapatkan berita bahwa utusannya kalah, maka Ia mengirimkan utusan yang lain untuk menculik Dursilawati. Di tempat yang lain, Arjuna bersama Para Punakawan melewati hutan, tiba-tiba dikagetkan dengan suara tangisan seorang wanita. Wanita itu menangis di atas punggung gajah, ternyata yang menangis adalah Dursilawati. Arjuna langsung memberi pertolongan dan melepaskan anak panah angina usir.

Source bernas.id bernas.id/8805-dewi-dursilawati-si-cantik-di-tengah-para-kurawa.html
Comments
Loading...