Nama Tokoh Wayang : Dwipangga (Kapi Dwipangga)

0 339

Dwipangga (Kapi Dwipangga)

Sesungguhnya transformasi bentuk gaya dari gaya Mataraman ke gaya Surakarta terletak pada beberapa aspek besar jika di pilah-pilah. Diantaranya adalah wayang kera. Wayang Yogyakarta memiliki bentuk moncong yang agak bulat pada bagian depannya sedang pada wayang Surakarta, moncong dari wayang-wayang keranya berbentuk lebih tajam atau lancip. Meskipun bentuk moncong kera yang ada memang merupakan suatu perbedaan yang dapat terlihat jelas, namun hal tersebut tidak dapat dijadikan sebuah patokan yang pasti.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah wayang kera yang tercatat di pedalangan sehingga seniman wayang kulit pun harus lebih kreatif dalam menciptakan bentuk wayang yang baru. Dalam kisah ramayana yang disesuaikan dengan versi jawa atau pedalangan terdapat ratusan wayang kera namun hanya puluhan yang terealisasi dalam bentuk wayang secara real. Di antara puluhan wayang yang ada itu terdapat wayang kera biasa dan ada pula yang berkepala binatang.

Wayang kapi dwipangga adalah contoh dari wayang kera dengan kepala hewan yaitu gajah. Jika kita lihat, sesungguhnya tidak ada perbedaan dari wayang kera gaya Yogyakarta biasa dalam hal tubuh. Perbedaannya hanya terletak pada perbedaan bentuk wajah, dimana dalam gambar tersebut, Kapi Dwipangga menggunakan kepala gajah. Sekarang menjadi agak sulit bagi kita dalam mengidentifikasikan wayang-wayang seperti ini karena jumlah mata dari wayang ini satu.

Source My Wayang Artkimianto Blog
Comments
Loading...