Nama Tokoh Wayang : Emban, Pengasuh di Istana

0 464

Emban adalah wanita pengasuh di lingkungan istana bagi keluarga bangsawan. Wanita ini dipekerjakan sebagai pengasuh, penghibur, sekaligus penjaga keselamatan seorang putra atau putri raja sejak kanak-kanak. Umur mereka biasanya hanya beberapa tahun lebih tua dari anak asuhannya. Sampai anak asuhannya dewasa, biasanya mereka masih tetap mengabdi. Dalam pewayangan, cukup banyak emban yang terkenal dan memiliki peran cukup penting dalam berbagai lakon.

Lesmana Mandrakumara alias Sarojakusuma, putra mahkota Astina, misalnya memiliki dua emban setia, yaitu Emban Abiseca dan Emban Secasrawa. Keduanya gugur dalam Baratayuda, menjadi korban amukan Abimanyu, beberapa saat sebelum Lesmana Mandrakumara mati. Dewi Pujawati alias Setyawati, istri Prabu Salya juga mempunyai emban setia yakni Emban Sugandini yang menemani Sang Dewi menjelajah padang Kurusetra untuk mencari jenazah Prabu Salya.

Setelah jenazah Raja Mandaraka itu ditemukan, Dewi Setyawati segera menghunus patrem dan menghunjamkannya di dadanya, bunuh diri di samping jenazah suaminya. Emban Sugandini pun ikut bunuh diri di dekat jenazah majikannya. Emban Sawega, dari Kadipaten Awangga, juga aktif dalam perang Baratayuda. Sewaktu Adipati Karna bertindak sebagai senapati perang di pihak Kurawa, Emban Sawega bertindak sebagai pembuka jalan bagi pasukan Kurawa. Emban Sawega akhirnya tewas terkena panah Arjuna, karena dianggap mengganggu. Selain itu emban juga terdapat dalam lakon di kalangan para raksasa.

Source My Wayang Teguhphilia
Comments
Loading...