Nama Tokoh Wayang : Endra, Salah Satu Putra Guru

0 260

Endra adalah salah seorang anak Batara Guru. Kekuasaannya cukup banyak, ia bertanggung jawab pada ketertiban kahyangan, memimpin para bidadari, mengurusi berbagai hadiah dari para dewa untuk manusia yang berjasa. Menurut kitab Mahabarata, Batara Endra adalah dewa penguasa petir dan guntur. Dewa ini bertempat tinggal di Kahyangan Tenjamaya. Dalam pewayangan yang menjadi pemuka para dewa adalah Batara Guru, namun dalam Mahabarata, pemuka para dewa adalah Batara Endra atau Indra ini, dan kahyangan tempat tinggalnya adalah Indraloka, Indrabawana atau Kaindran.

Batara Endra mempunyai seekor gajah tunggangan yang luar biasa besar yang diberi nama Airawata. Senjatanya yang terkenal diberi nama Bajra yang bilamana diarahkan ke musuhnya berubah menjadi petir. Senjata yang luar biasa ampuh ini, adalah penjelmaan tulang belulang Maharsi Datica. Keterangan ini didapat dari Mahabarata. Dalam pewayangan, dari pernikahannya dengan Dewi Wiyati, Batara Endra mempunyai lima putra dan tiga putri yang pertama bernama Dewi Tara, yang menikah dengan Resi Subali dan kemudian oleh Prabu Sugriwa.

Yang kedua adalah Dewi Tari, yang dinikahkan dengan Rahwana, raja Alengka. Yang ketiga adalah Dewi Supraba, yang menikah dengan Arjuna. Sedangkan lima putranya adalah Batara Citrarata, Citranggana, Citrasena, Jayantaka, dan Jayantara. Ketika Arjuna bertapa di Gunung Indrakila dan memakai nama Begawan Ciptaning, Batara Endra datang menemui Ciptaning.

Source Wayangku Dunia Wayang Kulit
Comments
Loading...