Nama Tokoh Wayang : Garuda, Raja Burung Berjamang

0 584
Garuda adalah raja burung berjamang dan dapat bertutur kata (bicara) seperti manusia. Kalau berperang, ia dapat menyerang dan mematuk musuhnya. Burung ini berjamang dengan garuda membelakang. Bermata telengan. Kendaraan untuk perang ini dapat juga membantu tuannya dalam melawan musuh. Cerita tentang Garuda ternyata tidak hanya dikenal dalam naskah-naskah kuno, tetapi juga dalam cerita wayang, misalnya dalam lakon Ngruno-Ngruni.
Nama ini berasal dari Aruna, adik Garuda dalam mitologi. Di Indonesia dikenal juga Garuda-mantra yang dianggap dapat dipakai sebagai penangkal bisa ular. Mitologi Garuda berasal dari kebudayaan Hindu. Garuda digambarkan sebagai manusia burung dengan bulu keemasan, dan memiliki mahkota di kepalanya. Konon, ukuran tubuh Garuda sangat besar sehingga mampu menutupi matahari. Menurut Mahabharata, saat Garuda lahir dari telurnya, bumi gonjang ganjing sehingga para dewa memohon padanya untuk tenang.
Cerita mengenai Garuda banyak versinya, namun yang paling populer terdapat dalam parwa pertama kitab Mahabharata. Di Indonesia cerita Garuda antara lain diringkas dalam naskah kuno Garudeya. Ceritanya begini: Suatu hari Kadru dan Winata bertaruh untuk menebak warna ekor kuda Uccaisrawa. Sebagai taruhannya, yang kalah harus menjadi budak bagi yang menang. Kadru menyatakan bahwa ekor kuda Uccaisrawa berwarna hitam. Sebaliknya menurut Winata berwarna putih. Karena ingin menang, Kadru berbuat curang. Diam-diam dia menyuruh anak-anak Kadru.
Source Wayangku Ensiklopedi Arkeologi
Comments
Loading...