Nama Tokoh Wayang : Gathutkaca (Tetuka, Tutuka)

0 336

Tetuka yang kemudian hari lebih dikenal dengan sebutan Gathutkaca. Gathutkaca mempunyai nama lain : Tutuka, Purubaya, Arimbiatmaja, Krincingwesi, Guruputra, Surya Narada, Senaputra, Bendarares. Ksatriannya di Munggulpawenang. Raden Wrekudara ayah Tetuka adalah anggota dari Pandawa lima yang nomer dua, yang sering disebut panenggak/penenggak Pandawa. Urutan pertama dari pandawa adalah Puntadewa yang disebut pembareb.

Nomer tiga Premadi ya Raden Arjuna, yang sering disebut panengah. Dan yang keempat dan kelima adalah si kembar Raden Nakula dana Raden Sadewa, yang disebut wuragil. Pandhawa artinya putrane Prabu Pandhu. Sedangkan Ibu Gathutkaca Dewi Arimbi putri Prabu Tremboko dari Negara Pringgadani. Merupakan 5 bersaudara Yaitu : Arimba, Arimbi, Brajadenta, Brajamusthi jarnUsthi Ian Kala Bendana. Karena ketika lahir, Tetuka berwujud raksasa (buta/potho), Raden Wrekudara dan saudaranya Pandhawa malu, karena punya anak kok raksasa dan tali pusarnyapun masih menempel belum putus.

Pandawa lima bersaudara akhirnya berusaha keras bagaimana caranya mengubah Tetuka ke wujud manusia normal dan memotong tali pusar tersebut. Untuk mengatasi masalah ini diutuslah Arjuna, paman Tetuka untuk meminta pertolongan para dewa dengan bersemedi memohon petunjuk para dewa. Pada saat yang sama Panglima perang Kurawa yaitu Karna juga melakukan semedi memohon senjata pusaka kepada dewa. Kepasrahan dan kekhusyukan semedi yang dilakukan Arjuna telah menggoncang kahyangan, sehingga Dewa memutuskan akan memberikan pusakanya.

Source Wayangku Tunjung's Blog
Comments
Loading...