Nama Tokoh Wayang : Gatotkaca, Tokoh Wayang!

0 232

Gatotkaca. Siapa yang tidak kenal Gatotkaca? Sosoknya sempat ramai dibicarakan netizen setelah kemunculan Wayang Kulit Purwa Gatotkaca dalam film Star Trek: Discovery. Gatotkaca juga muncul sebagai salah satu karakter dari games MOBA, Mobile Legends: Bang Bang. Di Indonesia gatotkaca juga hadir dalam karakter komik, salah satunya komik Gatotkaca terkenal karangan Is Yunianto dari produsen komik Garudayana. Sosok Gatotkaca bisa dibilang adalah tokoh wayang yang paling banyak disukai anak-anak. Ia terkenal dengan sebutan ksatria

otot kawat, tulang besi

Takdirnya sebagai ksatria mandraguna boleh jadi karena Ia merupakan keturunan dari Bima, Sang Werkudara. Gatotkaca lahir dari perkawinan Bima dengan Dewi Arimbi yang memiliki latar belakang keluarga raksasa. Sejak kecil Gatotkaca adalah jagoan para dewata (trah para dewa). Semua kesaktian Ia dapat ketika Tetuka kecil (nama bayi Gatotkaca) dimasukkan ke dalam Kawah Candradimuka dan “diramu” dengan segala kesaktian dewa. Perannya dalam membantu dewa memusnahkan angkara murka juga membuatnya dianugerahi kemampuan terbang tanpa harus khawatir dengan cuaca dan tidak terdeteksi oleh lawan-lawannya.

Ia juga memiliki kekuatan Aji Narantaka dan Aji Brajamusti yang membuatnya kebal dan dapat menghancurkan apa atau siapapun yang dihantamnya. Dalam pewayangan Jawa, Gatotkaca digambarkan sebagai sosok paripurna (sempurna) dari seorang birokrat dan prajurit. Ia tidak pernah menuntut apa yang harus diberikan.

Source Kumparan kumparan.com/bagas-putra-riyadhana/5-tokoh-wayang-berkekuatan-superhero
Comments
Loading...