Nama Tokoh Wayang : Gendari, Ibu Kurawa Penuh Cinta

0 676

Dewi Gendari namanya, putri dari Prabu Subala, dari kerajaan Gandhara di utara India. Dewi Gendari berupa cantik sebenarnya, tapi ia tak terpilih tuk dijadikan istri oleh Pandudewanata, malahan dia diberikan pada Drestarata, kakak Pandu yang tertua dan buta. Awalnya Gandari jijik dan menyesal kepadanya, tapi akhirnya dia menerima apa adanya sang Drestarata. Dewi Gendari adalah sosok setia pada isang suaminya, setelah menikah bahkan selalu menutup mata, agar dia merasakan penderitaan suaminya yang buta.

Pada awalnya, ketika hamil muda, ia diramalkan oleh Begawan Abysa, bahwa akan mempunyai anak 100 jumlahnya dan memang benar kemudian adanya. Hanya ada seorang putri daripada anaknya, dia bernama Dursala. Dan sisanya pria antagonis di Mahabarata semua. Walau demikian keadaannya, Gendari selalu mengasihi anak-anaknya, dia selalu menasehati agar mereka selalu berdharma. Tapi karena pengaruh Sengkuni, para Kurawa bertabiat jahat hingga mati.

Sengkuni adalah adik Gendari, dia adalah paman Kurawa. Ketika permainan dadu Puntadewa dan Duryudana, yang akhirnya berakhir dengan kekalahan Pandawa, lalu oleh karenanya Istana Indraprastha atau Amarta, serta Drupadi pun menjadi milik Kurawa, semua itu karena taruhan tiada guna, hasutan Kurawa. Dewi Gendari, ibu Kurawa, tahu keadaannya.

“Whenever the rain comes down and it’s seems there’s none to hold me
She’s there for me, she’s my mom”

Source My Wayang The Subejo
Comments
Loading...