Nama Tokoh Wayang : Irawan atau Bambang Irawan

0 212

Irawan atau Bambang Irawan adalah salah satu putra Arjuna. Ibunya bernama Dewi Palupi atau Dewi Ulupi, dari pertapaan Yasarata ada pula yang menyebutkan, Dewi Ulupi adalah putri Naga Korawya. Sejak kecil ia dibesarkan dan dididik oleh ibu dan kakeknya. Bambang Irawan dikisahkan sangat mirip dengan Arjuna, baik ketampanannya maupun kesaktiannya. Ia memiliki istri yang bernama Dewi Titisari, salah seorang puteri Prabu Kresna, Raja Dwarawati.

Setelah usianya cukup dewasa dan mendengar kabar bahwa Bharatayudha akan segera pecah, ia minta diri pada ibu dan kakeknya untuk menghadap ayahnya. Ia ingin bergabung dengan saudara-saudaranya yang lain untuk membantu pihak Pandawa. Niat Irawan pun disetujui Ibu dan kakeknya.Namun Bambang Irawan ternyata tidak pernah sampai ke tujuan. Di tengah perjalanan, ia dicegat oleh seorang raksasa sakti bernama Kalasrenggi. Bambang Irawan mati terbunuh oleh Kalasrenggi pada hari ketujuh Baratayuda.

Mendengar berita kematian anaknya, Arjuna lalu mengamuk dan memburu Kalasrenggi. Raksasa ini akhirnya mati terkena panah pusaka Harda Dadali milik Arjuna. Pada umumnya para dalang dalam menceritakan kematian Irawan memberikan kesan bahwa Irawan gugur karena menjadi tumbal bagi kejayaan pihak Pandawa dalam Baratayuda. Namun dalam versi Mahabharata, Irawan gugur pada hari ke-delapan Baratayuda oleh Prabu Alambasa yang memihak Kurawa. Alambasa kemudian juga tewas pada hari empat belas.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/irawan-bambang-irawan
Comments
Loading...