Nama Tokoh Wayang : Jabang Tetuko, Perpaduan

0 107

Akhir-akhir ini sulit bagi anak muda (termasuk saya) mengapresiasi kesenian dan kebudayaan sendiri yang bersifat pertunjukan, bahkan hanya untuk sekedar mengenalnya. Karena mungkin kurang menarik atau takut dikatakan kuno lah, gak gaul lah dan ini itu lah. Kita lebih jauh lebih akrab film 3D, teater dan tentunya konser dangdut. Sebagai contoh seni pertunjukan Wayang. Dulu wayang adalah hiburan yang sangat populer entah itu wayang orang, wayang kulit dan wayang golek.

Kalau dulu saya waktu kecil masih sering melihatnya di TVRI, acara hajatan atau acara samenan(istilah bahasa sunda untuk pesta perayaan kenaikan kelas). Jadi setidaknya anak-anak tahun 90-an masih mengenal kesenian ini. Tapi kalo kita tanya anak-anak SD atau SMP sekarang banyak dari mereka kalau ditanya tentang wayang, jawabannya tidak pernah melihat atau hanya sekedar pernah dengar. Mereka lebih akrab dengan film-film atau konser band dalam dan luar negeri. Memang suguhan film-film jauh lebih menarik. Itulah sebabnya nama wayang tidak populer.

Source Kompas kompasiana.com/irfan680/5500cebca33311e772512140/jabang-tetuko-perpaduan-wayang-orang-wayang-kulit-dan-sinema
Comments
Loading...