Nama Tokoh Wayang : Jahnawi, Hapsari (Bidadari)

0 238

Jahnawi adalah seorang hapsari (bidadari) yang turun ke dunia  karena dikutuk Batara Brama. Batara Brama murka gara-garanya pakaiannya tersingkap karena tiupan angin. Dewi Gangga dianggap bersalah karena ia kurang tertib dalam berpakaian sehingga menodai kesucian para dewata.  Ketika Gangga akan turun ke dunia, ia berjumpa dengan delapan wasu ‘manusia setengah dewa’ yang juga mendapat kutukan dan harus menjalani kehidupan di dunia. Para wasu tadi minta agar Dewi Gangga bersedia menjadi perantara kelahiran mereka di dunia.

Para wasu berpesan agar ketika mereka dilahirkan segera dibunuh agar penderitaannya segera berakhir dan bisa kembali lagi ke kahyangan sebagai dewa. Dewi Gangga menyanggupi. Dewi Jahnawi menikah dengan Prabu Santanu, putra Prabu Pratipa dari negara Astina dengan permaisuri Dewi Sumanda. Mengingat janjinya kepada delapan wasu, ketika dilamar Prabu Sentanu Dewi Gangga minta satu syarat yang harus dipenuhi. Syarat itu adalah selama menjadi istri, Prabu Sentanu tidak boleh menegur apalagi mencela perbuaatannya.

Sekalipun perbuatannya tersebut aneh atau tidak wajar. Prabu Sentanu menyanggupi. Prabu Sentanu dan Dewi Gangga akhirnya menikah. Dari pernikahan tersebut diperoleh delapan orang putra. Setiap Dewi Gangga melahirkan seorang bayi, langsung dibuangnya di sungai. Prabu Sentanu karena cinta dan janjinya tidak berani menegur, walau dalam hati sangat marah dengan kelakuan aneh dan biadap istrinya.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=991
Comments
Loading...