Nama Tokoh Wayang : Karna, Ksatria Terbelenggu

0 95

Selain wayang Kumbakarna dan Sumantri, wayang Adipati Karna ini juga dijadikan contoh akan sikapnya sebagai ksatriya yang patut diteladani sesuai dengan apa yang dituliskan dalam Serat Tripama. Sama seperti halnya wayang Sumantri, sosok wayang Karna ini pun menurut saya juga kurang pas untuk diteladani sikapnya yang membela pihak Kurawa dalam perang Bharatayuda. Padahal Pandawa adalah saudara kandungnya, paling tidak bersaudaraan kandung dengan Yudistira, Bima dan Arjuna karena mereka berempat adalah sama-sama putra Dewi Kunti.

Apa yang menjadi alasan Karna ini membela Kurawa. Tak lain dan tak bukan karena Karna diangkat menjadi saudara tua Kurawa dan dijadikan adipati di negeri Awangga. Namanya yang semual adalah Aradea kemudian berganti menjadi Adipati Karna.

Ada unsur balas budi karena sudah diangkat derajadnya oleh Duryudana dari anak kusir istana yang bernama Adirata kemudian diberi harta dan tahta di Awangga. Dengan alasan tak mau mengingkari bahwa keberadaannya bisa seperti itu karena jasa Duryudana sebagai yang tertua dari Kurawa, maka Adiparti Karna rela bertempur melawan saudaranya sendiri di perang Bharatayuda.

Source Kompas kompasiana.com/jatikumoro/5ca5e6ee3ba7f710f8543cc2/wayang-karna-ksatriya-yang-terbelenggu-harta-dan-tahta
Comments
Loading...